piala Euro 2021 M88

Siapa yang Memberikan Piala Euro 2021?

Timnas Inggris sukses melangkah ke babak final Euro 2021. Dalam laga tersebut, Inggris dijadwalkan akan berhadapan dengan timnas Italia. Terlepas dari pemenang yang akan keluar dari laga tersebut, muncul pertanyaan yang menarik. Siapa yang akan memberikan Piala Euro 2021?

Gabung di M88 Sekarang

Final Euro 2021 dan Piala Euro 2021

Stadion Wembley akan menjadi saksi laga puncak Euro 2021 tahun ini. Kedua tim terakhir, Italia dan Inggris dijadwalkan akan bertemu satu sama lain pada final Euro 2021. Tak hanya itu, laga ini dijadwalkan akan dihadiri olehs etidaknya 60.000 orang pendukung dari kedua belah tim.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh M88, angka ini setara dengan 75% kapasitas penuh stadion tersebut. Meski demikian, jumlah ini sebenarnya sudah sama dengan total penonton yang hadir pada laga semifinal antara Inggris kontra Denmark.

Hal ini tentunya menjadi sebuah kesempatan istimewa bagi kedua tim. Tak hanya berkompetisi untuk mendapatkan Piala Euro 2021. Mereka juga berkesempatan untuk membuktikan kemampuan sesungguhnya di hadapan puluhan ribu penggemar yang hadir. Laga ini sendiri juga akan berjalan dengan peraturan khusus. Seluruh pendukung yang hadir diwajibkan untuk memiliki bukti vaksinasi lengkap yang ditunjukkan melalui aplikasi NHS masing-masing. Secara khusus, tanggal pemberian vaksinasi kedua mereka harus berjarak paling lama 14 hari sebelum laga final tersebut.

Mungkinkah Inggris Mendapatkan Piala Euro 2021?

Bermain di kandang sendiri tentunay akan membawa keuntungan tersendiri bagi timnas Inggris. Terlebih laga ini akan menjadi laga keenam mereka yang mengambil tempat di Stadion Wembley. Tak hanya itu, tim asuhan Gareth Southgate tersebut juga berhasil mencatatkan rekor bersejarah. Pertama kali sejak tahun 1966, mereka berhasil beranjak ke laga final turnamen utama.

Meski demikian, laga ini bukanlah sebuah laga yang mudah. Kesempatan Inggris mendapatkan Piala Euro 2021 akan diuji oleh timnas Italia. Mereka sendiri berhasil mencapai babak ini setelah sebelumnya mengalahkan Spanyol lewat babak penalti dengan skor akhir 4-2.

Laga ini sendiri diharapkan akan menjadi laga utama yang menampilkan kekuatan sesungguhnya dari kedua tim. Roberto Mancini, sosok yang berhasil membawa Manchester City menjadi pemenang Liga Primer Inggris pada musim 2011-12 silam, akan menjadi sosok pelatih timnas Italia.

Sang pelatih berusia 56 tahun tersebut telah membimbing Italia sejak Mei 2018. Di bawah kepemimpinannya, timnas Italia telah berhasil melalui catatan 3 tahun tanpa pernah kalah sama sekali. Hal ini jugalah yang kemudian membuat banyak pihak berspekulasi atas peluang besar Italia membawa pulang Piala Euro 2021.

Hal lain yang menarik untuk diperhatikan adalah bagaimana seandainya jika Inggris menang? Siapa yang akan memberikan medali bagi Harry Kane dan rekan setimnya?

Jika melihat kembali ke sejarah, Ratu Elizabeth Ii mendapatkan kehormatan akan peran ini pada tahun 1966 dan 1996 ketika Inggris menajdi tuan rumah Piala Dunia dan Euro pada kedua tahun tersebut. Sayangnya, tahun ini tidak akan berjalan dengan kehadiran beliau maupun salah satu anggota keluarga kerajaan Inggris. Sebaliknya, UEFA telah menyampaikan bahwa Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, yang akan mendapatkan tugas memberikan Piala Euro 2021 kepada kapten timnas pemenang usai laga.

Kepastian dari UEFA

Asosiasi sepakbola Eropa tersebut juga memasitkan bahwa tim pemenang tidak akan beranjak ke balkon Stadion Wembley untuk mengangkat Piala Euro 2021. Sebaliknya, sebuah panggung khusus akan disediakan untuk memberikan kesempatan bagi pemenang merayakan kemenangan mereka.

Pihak asosiasi juga memastikan bahwa cucu Ratu Elizabeth II sekaligus presiden Asosiasi Sepakbola Inggris, Pangeran Wiliam, akan turut berpartisipasi setelah laga usai. Ia dijadwalkan untuk memberikan ucapan selamat kepada tim pemenang ataupun memberikan semangat kepada timnas Inggris seandainya mereka kalah.