southgate euro 2021 M88

Strategi Southgate Euro 2021 Usai Inggris Seri dengan Skotlandia

Langkah Southgate Euro 2021 sebagai pelatih timnas Inggris mulai dipertanyakan banyak kalangan. Hal ini setelah timnas Inggris Euro 2021 mengakhiri laga terakhir mereka dengan Skotlandia dengan skor imbang tanpa gol. Sebagai sebuah tim yang difavoritkan keluar sebagai pemenang, hal ini tak pelak membuat banyak kalangan kecewa.

Gabung di M88 Sekarang

Kemunduran bagi Southgate Euro 2021

Pelatih timnas Inggris, Southgate Euro 2021 mengakui bahwa timnya belum bermain dengan cukup baik sejauh ini. Hal ini disampaikannya setelah Inggris harus puas mengakhiri laga dengan Skotlandia dengan skor imbang tanpa gol. Sebagai salah satu tim yang difavoritkan untuk keluar sebagai juara, hal ini langsung menimbulkan banyak kritik dari berbagai kalangan. Tak sedikit bahkan yang mempertanyakan rencana sang pelatih untuk laga-laga timnas Inggris berikutnya.

Laga tersebut menjadi saksi betapa tim sekuat Inggris harus puas dipaksa seolah lumpuh oleh Skotlandia. Padahal dari segi peringkat dunia, Skotlandia berada 40 peringkat di bawah Inggris. Kondisi ini akhirnya memaksa Inggris harus puas berada di peringkat 2 klasemen grup D, persis di bawah Republik Ceko.

Ketiga penyerang Inggris, Raheem Sterling, Phil Foden, dan Harry Kane gagal untuk bekerja sama dengan baik dan menciptakan serangan. Inggris juga tercatat hanya sedikit berhasil melancarkan serangan, termasuk tendangan jarak jauh dari Mason Mount. Lumpuhnya serangan Inggris pada laga ini sudah layak dijadikan peringatan bagi Southgate Euro 2021.

Tak berselang lama, wasit pun kemudian meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. Meski banyak pihak berharap di menit-menit akhir, Inggris mampu membalikkan keadaan, namun pada kenyataannya semua pihak harus menjadi saksi betapa Inggris ditahan imbang oleh Skotlandia.

Tanggapan Southgate Euro 2021

Menanggapi peristiwa ini, sang pelatih berujar bahwa sebagai sebuah tim, Inggris tidak akan bisa selalu sempurna. Akan selalu ada momen ketika performa Inggris sebagai sebuah tim mengalami penurunan. Baginya, hal ini adalah sebuah hal yang wajar.

Ia pun menegaskan bahwa kini mereka tengah berada di pertengahan turnamen. Meski ia sepenuhnya paham kekecewaan yang dialami banyak pihak, namun ia sendiri meyakinkan semua kalangan bahwa sejauh ini, timnas Inggris masih berada di jalur yang tepat sesuai rencana mereka.

Tak hanya performa tim secara keseluruhan maupun strategi Southgate Euro 2021, sosok lain yang mendapatkan sorotan adalah sang kapten, Harry Kane. Sama seperti Southgate, banyak pihak berharap sang kapten mampu memberiakn kontribusi lebih. Namun demikian, ia tampak tidak mampu memberikan perlawanan yang diharapkan kepada pihak lawan. Berkali-kali ia tampak kesulitan memberikan tekanan kepada pihak lawan. Bahkan menurut catatan M88, sosok kapten timnas Inggris tersebut tercatat 10 kali mengendalikan si kulit bundar, terendah dibandingkan pemain lain. Dari 10 momen tersebut, ia bahkan hanya 1 kali menyentuh bola di area Skotlandia.

Apresiasi bagi Tim Lawan

Terlepas dari kondisi timnya yang terlihat begitu sulit, Southgate Euro 2021 tak lupa memberikan apresiasinya kepada pihak lawan. Ia mengagumi strategi Skotlandia dalam membayang-bayangi Harry Kane dan mencegahnya bekerjasama dengan Marcus Rashford.

ia bahkan beranggapan bahwa timnas Skotlandia telah mampu mengeksekusi rencana mereka dengan begitu baik. Dengan menggunakan 5 orang pemain di lini pertahanan, mereka tidak memberikan banyak ruang bagi penyerang Inggris untuk melancarkan strategi mereka. Tak hanya bermain agresif, Skotlandia juga menurutnya mampu bermain defensif dengan sama baiknya.

Tampaknya laga ini memang bukan merupakan laga yang terbaik bagi timnas Inggris. Terlepas dari hasil buruk yang mereka catatkan, Southgate dan para punggawanya harus melangkah dan mempersiapkan diri untuk laga mereka berikutnya. Satu-satunya kesempatan mereka, jika ingin berada di puncak klasemen Grup D, adalah mengalahkan Republik Ceko pada laga mereka berikutnya.